Cara Menghilangkan Minyak, Lemak, Gosong, Kerak dan Bau Amis Saat Mencuci Piring & Peralatan Dapur

Mencuci piring dan peralatan dapur lainnya akan sangat berat apabila yang menempel tersebut berupa minyak, lemak, bau tak sedap seperti bau amis bahkan kerak dan gosong. Kerana itu perlu teknik khusus agar bisa mencuci-nya dengan bersih.
Cara Menghilangkan Minyak, Lemak, Gosong, Kerak dan Bau Amis Saat Mencuci Piring & Peralatan Dapur   jasa sedot wc nagata

Cara Menghilangkan Minyak, Lemak, Gosong, Kerak dan Bau Amis Saat Mencuci Piring & Peralatan Dapur

Bagi anda yang mencari tipsnya, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini sebab kami akan menyajikan beberapa tips dalam menghilangkan lemak, minyak, gosong, kerak dan bau amis pada piring dan peralatan dapur anda. Silahkan di simak Cara Menghilangkan Minyak, Lemak, Gosong, Kerak dan Bau Amis Saat Mencuci Piring & Peralatan Dapur   jasa sedot wc nagata

Cara Menghilangkan Bau Amis

Ada beberapa cara dalam menghilangkan bau amis dari ikan, udang, daging, dan telor pada piring dan peralatan dapur lainnya, diantaranya :

  • Air perasan jeruk nipis atau lemon. Unuk menghilangkan bau amis, pergunakan air perasan jeruk nipis atau lemon pada piring dan peralatan dapur yang baru saja dicuci kemudian bilas dengan air bersih.
  • Cuka. Jika di rumah memiliki cuka, kita bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan bau amis yang menyengat pada peralatan dapur yang sedang dicuci. Cara-nya, campur cuka dengan air dan kemudian rebus hingga mendidih. Setelahnya gunakan untuk membilas piring dan peralatan dapur yang amis tersebut.
  • Baking soda. Baking soda juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan bautak sedap seperti bau amis. Cara penggunaannya, celupkan peralatan yang ber-bau bau amis tersebut di dalam larutan baking soda. Biarkan beberapa saat lalu cuci dengan sabun pencuci piring dan kemudian bilas dengan air bersih.
  • Tepung. Jika didapur anda tidak ada jeruk nipis, cuka ataupun baking soda maka anda bisa menggukan tepung untuk menghilangkan bau amis. Ambil beberapa gram tepung lalu gosokkan pada piring. Biarkan tepung mengendap untuk beberapa waktu. Bila sudah, bersihkan.

Cara Menghilangkan Minyak

Ada 2 bahan alamani yanng dapat anda gunakan untuk menghilangkan minyak yang melekat pada piring dan perabotan dapur, diantaranya adalah baking soda dan cuka. Ikuti petunjuk di bawah ini :

  • Baking soda. Siapkan bak cuci yang diisi dengan air panas. Lalu, tuangkan 2 sendok makan sabun cuci cair dan baking soda ke dalamnya. Rendam piring dan perabotan yang mengandung minyak ke dalam bak cuci dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, gosok dengan menggunakan spons kemudian bilas dengan air panas dan keringkan.
  • Cuka. Isi bak cuci dengan air panas, tuangkan dua gelas cuka ke dalam bak tersebut. Masukkan piring atau dan perabotan yang mengandunng minyak ke dalam bak tersebut selama 15 menit. Kemudian, angkat dari rendaman tadi dan bersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring lalu bilas dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Lemak

Jika kita memasak daging, sering kali noda lemak akan sulit untuk dihilangkan. Cara mengatasinya yaitu sebelumnya bilas piring dan peralatan dapur pada air mengalir. Kemudian oleskan garam pada sepotong lemon / jeruk nipis dan gosokkan pada piring dan peralatan dapur. Cara ini akan ampuh menghilangkan noda dan sisa lemak yang membandel serta menghilangkan sisa bau makanan berlemak, setelah itu bilas kembali dengan air dan cuci seperti biasa.

Cara Menghilangkan Gosong

Gosong pada bagian permukaan bawah pada peralatan dapur seperti wajan dan panci sangat sulit untuk dihilangkan. Untuk menghindarinya, sebelumnya oleskan sabun colek di permukaan bawah peralatan dapur tersebut sebelum digunakan. Dengan cara ini, apabila selesai digunakan maka gosong tersebut akan mudah dihilangkan. Pakailah campuran abu gosok dan sabun colek untuk membersihkannya.

Cara Menghilangkan Kerak

Tips yang terakhir kita bahas adalah menghilanngkan kerak pada beberapa peralatan dapur. Ikuti langkah – langkah di bawah ini :

  • Menghilangkan kerak nasi pada panci. Didihkan air dan baking soda di dalam panci hingga kerak nasi dan sisa makanan terangkat. Setelah kotoran lepas, biarkan hingga dingin lalu bersihkan dengan lap dan sabun cuci.
  • Menghilangkan kerak nasi pada termos. Masukkan beras putih secukupnya di dalam termos kemudian isi dengan air panas dan tutup rapat. Agar kerak di dasar termos bisa hilang, kocok termos tersebut terus – menerus dan buang isi yang ada dalam termos. Tentu hasilnya tidak akan maksimal sebab pasti masih ada bagian kerak yang belum terangkat. Kerena itu, ulangi cara ini hingga 3 -4 kali.
  • Menghilangkan kerak pada wajan dan panci. Ambil wajan atau panci yang ber-kerak kemudian taburi dengan baking soda. Lalu rendam dalam air panas. Setelahnya, diamkan sekitar 15 menit dan cuci seperti biasa dengan sabun pencuci piring.

Sekian tips dari kami, bila ada tambahan silahkan anda sampaikan. Da semoga tips – tips ini dapat membantu anda.

About Jasa Nagata

Jasa Nagata adalah perusahaan pelayanan jasa sedot wc. Layanan jasa kami meliputi wilayah se-Jabodetabek dan Cikarang. JIka anda membutuhkan layanan jasa dari kami, jangan ragu untuk menghubungi kami di :
Telp: (021) 9458-9555 SMS: 0852-7796-8688 Email: kontak@sedotwcnagata.com